Kabar Indonesia

LAPAN-TUBSAT mengorbit 1 tahun lebih

Filed under: by: wahyu nugroho

Lapan-Tubsat

oleh : wahyu nugroho

Satu tahun lebih Satelit mikro mengorbit di angkasa.Satelit Lapan-Technische Universitat Berlin (Lapan-Tubsat) berhasil mendorong para peneliti Indonesia menguasai sejumlah subsistem utama satelit.
"Ini membuktikan bahwa para peneliti Indonesia mampu merancang bangun satelit dengan keandalan tinggi," kata Kepala Lapan Adi Sadewo Salatun ketika membuka "Seminar Satu Tahun Satelit Lapan-Tubsat Beroperasi di Orbit dan Pengembangan Satelit Berikutnya" di IPB International Convention Center, Botani Square, Februari lalu.


Satelit ini memiliki berat 57 kilogram Lapan-Tubsat dirakit dan diuji oleh insinyur-insinyur Indonesia di Berlin, Jerman. Dengan menumpang roket India pada 10 Januari 2007 satelit ini meluncur ke orbit setinggi 630 kilometer. Sempat menjalani pengujian di orbit selama tiga bulan, Lapan-Tubsat memasok gambar-gambar video resolusi 5 meter dan 200 meter yang diinginkan.

Satu tahun ini bukan hanya memberi pengalaman soal mengolah hasil, tapi juga kontak dengan negara-negara lain di forum Internasional Telecommunication Union untuk pengurusan frekuensi, bernegosiasi dengan Lembaga Antariksa India, dan ini yang terpenting, pengalaman engineering.

Khusus untuk yang terakhir, di antaranya keberhasilan pemeliharaan panel surya satelit, penanganan kapasitor yang mudah meledak, dan merawat roda momentum yang gampang macet. "Mudah-mudahan satu tahun lagi masih survive," katanya. pada tahun 2010 rencananya membuat satelit sejenis namun lebih canggih lagi. dalam pembuatan satelit LAPAN generasi kedua itu tidak lagi dibuat di Jerman, melainkan di Indonesia.

ya kita harus bangga terhadap bangsa kita. meski dalam bidang antariksa indonesia tertinggal sangat jauh dari negara lain, namun kini telah bangkit untuk mengejar kembali penguasaan teknologi antariksa!

0 komentar: