Kabar Indonesia

Indonesia-Korsel jalin kerja sama alutsista

Filed under: , by: wahyu nugroho


Kerja Sama senilai US$1 miliar pada bulan ini telah di sepakati antara Indonesia dan Korea Selatan. perjannia itu mrupakan kelanjutan kemitraan bidang pertahanan antara SBY dan Roh Moo-hyun pada Desember 2006 lalu.

Kerja sama yang berbentuk imbal dagang tersebut meliputi pengadaan dua unit kapal selam tempur dari pihak Korsel dan delapan pesawat patroli kelautan dari Indonesia. jadi Pemerintah Korea selatan akan memberikan 2 kapal selam tempur typa-209 Changbogo yang diproduksi Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering. kapal selam ini memiliki diameter 5,5 meter dan panjang 56 meter dilengkapi dengan mesin diesel/electric propulsion yang dapat menembus kedalaman hingga 250 meter dan juga bisa berada di bwah laut selama 15 hari.

sedangkan dari Indonesia akan memberikan 8 buah pesawat jenis CN-235 untuk patroli kelautan yang dioperasikan oleh Korea Guard (KCG).

untuk pembahasan lebih lanjut terkait dengan perjanjian kedua negara dibidang alutsista ini maka Menteri Pertahanan Korsel Lee Sang-hee akan mengunjungi Indonesia pada juli tahun ini.

selain itu pada saat yang sama pemerintah Rusia juga menawarkan penjualan cash kapal selam tempur kepada Indonesia lengkap dengan sistem senjata termasuk helikopter serbu, dan kendaraan berpeluru.

0 komentar: